Selvy Kharisma On Senin, 25 Maret 2019 0 Comments

Resep Cireng Crispy Sambal Rujak Spesial

Siapa sih yang tidak kenal dengan Cireng atau aci digoreng? Cireng (singkatan dari aci goreng, yang berasal dari Bahasa Sunda untuk ‘tepung kanji goreng’ ) adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an.
Camilan ini sangat sederhana tetapi rasanya dijamin bikin ketagihan. Sekarang Cireng tidak hanya terdapat di Priangan saja, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara. Cireng yang dulu pada umumnya dijual oleh pedagang yang menaiki sepeda dengan peralatan membuat Cireng di bagian belakang sepedanya, bahkan telah tersedia online cireng.
Tapi saat ini anda sudah dapat menemukan olahan Cireng di supermarket – supermarket mewah, biasanya Cireng yang dijual di supermarket dalam bentuk beku agar bertahan lebih lama. Camilan sederhana ini banyak digemari oleh berbagai kalangan, tidak hanya dari kalangan era 80-an saja, melainkan anak jaman sekarang pun masih banyak yang suka menikmati olahan Cireng.
Saat ini anda dapat menemukan varian rasa cireng, tidak hanya rasa aci saja. Semisal ada cireng rasa sapi, rasa ayam, rasa sosis, rasa keju, dan lain sebagainya. Tetapi banyak juga orang yang masih mencari keaslian olahan Cireng. Pada dasarnya memang Cireng hanya terdiri dari rasa aci digoreng dan biasanya disajikan dengan cabai rawit hijau atau berupa sambal dengan berbagai rasa.
Biasanya Sambal Rujak dan sambal kacang adalah olahan sambal yang cocok untuk menemani menikmati sepiring Cireng Crispy. Olahan kreasi Cireng yang paling banyak dijumpai di supermarket adalah Cireng Crispy Sambal Rujak. Rasa Cireng Crispy yang gurih dan renyah dipadukan dengan olahan Sambal Rujak yang bercita rasa manis, pedas, dan asam merupakan paduan yang sangat cocok.
Sebungkus Cireng Crispy Sambal Rujak jika anda beli di supermarket biasanya berkisar 15.000 rupiah. Dan jika anda seorang penggemar berat Cireng maka dengan membeli sebungkus cireng saja tidaklah cukup. Maka anda pastinya harus mengeluarkan kocek lebih untuk memenuhi kesukaan anda ini. Tetapi anda tidak perlu khawatir jika anda merasa tidak bisa sepuasnya menikmati sajian Cireng Crispy Sambal Rujak yang dijajakan di supermarket tersebut, karena anda dapat membuatnya sendiri di rumah, berikut ini adalah resep cireng crispy sambal rujak secara lengkap.

Resep Cireng Crispy

Bahan Resep Cireng Crispy :

  1. Siapkan 150 gr tepung aci (tapioka)
  2. Siapkan 1/4 sendok teh merica
  3. Siapkan 1/2 sendok teh bawang putih, dihaluskan
  4. Siapkan 1/2 sendok teh penyedap rasa ayam
  5. Siapkan 1 batang daun bawang, iris
  6. Siapkan garam secukupnya
  7. Siapkan siapkan juga sedikit tepung aci untuk taburan

Bahan Sambal Bumbu Rujak Resep Cireng Crispy  :

  1. Siapkan 1 buah gula merah
  2. Siapkan 1 sendok makan air asam jawa
  3. Siapkan garam secukupnya
  4. Siapkan 2 sendok makan kacang tanah goreng
  5. Siapkan 5 buah cabe rawit merah atau sesuai selara
  6. Siapkan air hangat secukupnya

Cara Membuat Resep Cireng Crispy Sambal Rujak :

  1. Langkah pertama, campurkan tepung aci, merica, bawang putih, daun bawang dan kaldu bubuk, aduk rata dan sisihkan.
  2. Kemudian, campurkan bahan biang kemudian didihkan, aduk terus hingga adonan mengental seperti lem, matikan api.
  3. Selanjutnya campurkan adonan tepung pertama ke dalam biang. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan tetapi jangan sampai kalis, cukup diaduk dengan cara dicubit-cubit saja agar adonan rata.
  4. Lalu bentuk adonan menjadi bulat-bulat pipih tetapi tidak terlalu tipis, tambahkan tepung aci di telapak tangan agar adonan tidak lengket di tangan dan tidak menempel satu sama lain.
  5. Setelah semua adonan sudah dibentuk, goreng dalam minyak panas hingga matang di atas api sedang saja supaya tidak menggelembung, angkat dan tiriskan.
  6. Cara membuat bumbu rujak cireng : Semua bahan diulek hingg halus kemudian beri air secukupnya, aduk rata dan siap untuk disajikan.
sumber: http://saturesep.com/resep-cireng-crispy-sambal-rujak-spesial/

0 komentar:

Posting Komentar