Selvy Kharisma On Senin, 25 Maret 2019 0 Comments

4 Cara Menghilangkan Komedo

 Apa yang menyebabkan komedo?

Komedo adalah kotoran yang terjebak di pori-pori kulit Anda. Komedo bisa muncul terjadi apabila Anda termasuk orang yang jarang membersihkan muka, terutama setelah Anda menggunakan makeup.
Ada beberapa hal yang bisa menimbulkan komedo pada wajah, yaitu usia dan perubahan hormon. Komedo sering muncul saat pubertas, terutama di sekitar hidung dan pipi. Komedo juga bisa menjadi pertanda bahwa ada peningkatan hormon yangdapat memicu produksi minyak di bawah kulit.
Berikut adalah beberapa penyebab lain yang menyebabkan komedo:
  • stres
  • perubahan hormon
  • keturunan
  • kulit yang tidak bersih
  • penggunaan kosmetik
  • rokok
  • minum alkohol
  • konsumsi kafein
Untungnya, komedo adalah masalah kulit yang bisa dicegah dan mudah diatasi. Bahkan, ada banyak bahan yang bisa Anda temukan di rumah yang bisa membantu atasi komedo. 

Bagaimana cara menghilangkan komedo?

1. Baking soda

6 manfaat baking soda untuk kecantikan
Ternyata baking soda  bisa membantu menormalkan ketidakseimbangan pH pada kulit Anda. Baking soda juga bisa membuat kulit-kulit terluar wajah, yang biasanya mengandung sel kulit mati, kotoran, dan minyak, terkelupas dengan mudah. 
Bagaimana cara menghilangkan komedo dengan baking soda?  Anda hanya tinggal mencampurkan dua sendok makan baking soda dan dua sendok makan air. Aduk hingga teksturnya menjadi lembut dan creamy.
Pijat pasta baking soda ke wajah, bilas dengan air hangat, dan kemudian pastikan untuk mengeringkan wajah sesudahnya. Campuran ini dapat mengeringkan kulit Anda, jadi jangan menggunakannya lebih dari dua atau tiga hari dalam seminggu.

2. Pakai madu dan lemon

lemon dan madu
Gula cokelat, madu, dan jus lemon merupakan campuran bahan scrub untuk pengelupasan kulit yang cukup ampuh hilangkan komedo. Tak sulit kok, untuk membuatnya campurkan satu sendok makan gula jawa, dua sendok makan lemon, dan satu sendok makan madu mentah.
Jika sudah tercampur dengan baik, oleskan ke wajah Anda dengan gerakan melingkar, pijat dalam lima menit sebelum membilasnya dan gunakan pelembab. 

3. Pakai tea tree oil

tea tree oil
Para ahli mengatakan, Anda bisa menggunakan minyak pohon teh atau tea tree oil langsung ke daerah yang terkena, contohnya hidung dan dagu.
Tea tree oil bekerja dengan cara  membunuh bakteri dan kotoran penyebab komedo menumpuk. Tea tree oil  ini tersedia dalam sejumlah produk, seperti sabun dan krim, atau tersedia sebagai minyak esensial.

4. Pakai kunyit dan minyak kelapa

minyak kelapa untuk rambut
Kunyit dapat digunakan sebagai bahan dalam cara menghilangkan komedo. Karena kunyit mengandung sifat antibakteri, antijamur, dan anti-radang. Dr. Pane juga menyarankan, untuk tidak menggunakan kunyit terlalu banyak, karena bisa membuat kulit berwarna kekuningan.
Maka, untuk menggunakannya, ambil satu sendok makan kunyit bubuk asli dan campurkan dengan satu sendok makan air atau minyak kelapa untuk membentuk pasta. Setelahnya oleskan pasta ke wajah yang berkomedo dan diamkan selama 10 hingga 15 menit dan dibilas bersih. 

sumber: https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/4-cara-menghilangkan-komedo-alami/

0 komentar:

Posting Komentar