POAC {Planning,
Organizing, Actualing, Controling}
1. Planning
·
Jenis Usaha:
a.
Sanggar tari
b.
Makeup (kondangan, wisuda, wedding, prewedding
dll)
c.
Henna design
·
Tempat:
a.
Saya akan membuka tempat yang strategis seperti
rumah agar masyarakat mudah untuk mencari bisnis usaha yang saya jalankan.
b.
saya juga akan mencari tempat seperti sekolah
Karena siswa-siswi yang bersekolah biasanya sangat berminat untuk melakukan
kegiatan menari sebagai ekstrakulikuler di dalam sekolah. Jadi saya akan
mengambil kesempatan tersebut karena itu adalah kesempatan terbaik untuk
memulai suatu usaha.
·
Modal:
Saat ini saya masih melakukan kegiatan kuliah semester
4 di AMIK AKMI BATURAJA mengambil gelar Diploma 3, sedikit sulit bagi mahasiswa
seperti saya membuka usaha seperti ini dengan modal yang cukup besar. Jadi saat
ini saya masih berelasi bersama teman saya yang juga sudah punya usaha sendiri
seperti yang ingin saya jalankan. Ketika saya sudah memiliki pekerjaan setelah
lulus kuliah, saya akan mulai menjalankan usaha saya sendiri, mulai menabung
sedikit demi sedikit. Dan modal selanjutnya kita harus banyak berelasi bersama
orang lain, agar usaha yang kita jalan kan lancer.
·
Sasaran:
Sasaran yang saya gunakan:
1.
Saat orang ingin mengadakan pesta pernikahan.
keluarga atau teman pasti mencari anak-anak penari untuk menari di acara pesta
pernikahan tersebut, agar pesta pernikahan nya meriah atau tidak terlalu
monoton.
2.
Ketika orang mau pergi kondangan, menghadiri
wisuda, wedding, prewedd dll. Kesempatan itu sangat baik karena itu merupakan
peluang bagi saya untuk menghiasi/ make up wajah mereka agar terlihat lebih
cantik dan indah.
3.
Sasaran untuk meng henna sepasang pengantin yang
ingin segera melangsungkan pernikahan juga termasuk peluang besar bagi saya,
Dengan design henna yang cantik dan menarik.
2. Organizing
·
Usaha dimana saya mendapatkan sebuah ide untuk
membuka usaha seperti ini yaitu melalui teman-teman saya yaitu dari sanggar
tari, dan tempat salon yang menyediakan perlengkapan pernikahan. Dari sana saya
belajar dan memunculkan ide baru untuk memulai rencana hidup saya di lingkungan
dimana akan menjalankan bisnis baru ini.
3 3. Actualing
·
Lawan
1.
Harga
Harga merupakan hal utama yang membuat konsumen
tertarik dari usaha yang saya geluti. Harga yang terjangkau serta hasil yang
memuaskan bagi konsumen.
Misal henna yang biasa nya orang lain Rp. 300.000,
saya hanya meng order nya Rp. 250.000 saja. Begitu juga sanggar tari kalau orang
lain menyewakan nya Rp 1.200.000, saya hanya menyewakan sebesar Rp. 800.000
saja. Serta Make up itu berkisar dari harga Rp.50.000 per orang.
2.
Kualitas
Usaha yang akan saya jalankan ini sangat berkualitas,
mulai dari makeup, henna, serta tarian-tarian. Alat-alat makeup yang sangat
cocok untuk semua jenis kulit pemakainya, design henna yang menarik dan bisa
request sesuka hati sesuai dengan keinginan konsumen. Serta tarian-tarian untuk
pesta pernikahan mulai dari kostum yang menarik, gerakan lincah penari, dan
senyuman penari yang membuat para penonton bersuka ria melihat pertunjukan tari
tersebut, dan juga tarian disini memiliki 2 tarian yaitu tari Tradisional dan tari
Kreasi (boleh juga request sesuai adat) bonus 1 tarian lagi yaitu tari sambut
pengantin.
3.
Pelayanan
Harus menghargai seseorang mulai dari etika berbicara,
dengan berbicara yang sopan dan lembut itu merupakan paling utama dari
pelayanan. Walaupun orang lain hanya bertanya kita harus tetap menghargai
mereka karena sopan santun adalah hal yang paling utama.
·
Media social
Media social yang saya gunakan disini yaitu dari
Facebook, Whatsapp, Instagram, Youtube dan Blogger
·
MLM (multi level marketing)
Untuk saat ini saya belum memiliki multi level
marketing.
·
Promosi
Promosi yang saya gunakan yaitu dari sponsor, karena
bekerja sama dengan orang lain dan salon pernikahan lain akan membuat mereka
mem promosi kan usaha ini sehingga masyarakat luas kenal dan ingin meng order
usaha saya ini.
·
Keuangan
1)
Pisahkan Keuangan Pribadi dengan milik usaha
Ini kesalahan yang paling sering dilakukan oleh
pemilik usaha dimana mereka menganggap uang usaha adalah tidak berbeda dengan
uang sendiri sehingga selalu di jadikan satu. Akibatnya kesulitan membedakan
mana keuangan usaha dan pribadi, mengakibatkan sulit melakukan laporan
keuangan.
2)
Gunakan Pembukuaan keuangan.
Mengelola suatu usaha tidak hanya cukup dikelola dengan
ingatan, melain kan harus dengan catatan yang lengkap.
Cara mengelola keuangan usaha adalah harus mencatat
keluar masuk nya uang. Hal ini dilakukan untuk mengontrol transaksi uang dan
memastikan tidak ada uang yang terselip.
3)
Rencana kan dengan baik penggunaan uang
Merencanakan penggunaan uang harus sebaik mungkin,
walau dengan modal yang besar. Jangan meng hambur-hambur kan uang meski
keuntungan dari usaha ini cukup besar, lebih baik meningkatkan suatu usaha
dengan membelikan peralatan-peralatan usaha (pengembangan usaha) atau dengan di
tabung saja.
4)
Memastikan perhitungan keuntungan dengan benar
Kita harus menghitung
keuntungan dengan tepat karena tujuan kita sebagai entrepreneur adalah
menghasilkan keuntungan. Dengan keuntungan kita bisa memutar balik kan modal
menjadi usaha yang lebih besar lagi dengan melakukan pengembangan usaha atau
bisa untuk membayar hutang awal saat kita memulai suatu usaha.
·
Organisasi
Dalam Usaha
ini yang berwenang adalah pemilik usaha ini sendiri yaitu saya Selvy charisma,
yang bertanggung jawab atas semua yang berhubungan dengan usaha ini. Bergerak
dalam seni tari saya memiliki satu karyawan yang membantu saya bertugas untuk
memunculkan ide-ide baru dalam suatu gerakan tarian dan costum tarian.
·
Strategi
1)
Kenali Target pasar
Saat memulai
suatu usaha harus terlebih dahulu anda melakukan suatu percobaan dengan menjadi
pemakai produk. Maka anda dapat mengetahui siapa target pasar anda. Hal ini
akan membuat anda lebih mengerti kebutuhan konsumen danapa yang di ingin kan
konsumen.
2)
Kreativitas dan inovasi
Kreativitas
dan inovasi merupakan modal penting dalam menjalankan usaha. Itulah setiap
entrepreneur selalu berbagi ilmu pengetahuan sebagai sumber inspirasi dalam
menciptakan suatu inovasi produk tertentu agar memberikan peluang besar pada usaha
kita. Selain itu, dengan kreativitas dan inovasi yang kita tawarkan akan
meningkatkan kepercayaan konsumen dan mereka tidak merasa bosan.
3)
Promo yang efektif
Melakukan promo yang efektif kepada calon konsumen
merupakan strategi yang wajib dilakukan oleh pembisnis. Saat ini melakukan
promo sangat lah mudah karena kita bisa menggunakan social media atau media
online lain nya untuk mempromosi kan
usaha kita. Saat melakukan promosi, sebaik nya gunakan kalimat yang
berkualitas, serta informasi yang detail untuk menjelaskan tentang usaha anda.
Lakukan promosi secara berkala, agar calon konsumen akan lebih mudah terjaring.
0 komentar:
Posting Komentar