Selvy Kharisma On Senin, 25 Maret 2019 0 Comments

macam-macam interface pada PC/laptop

Di jaman sekarang ini, interface adalah alat dan konsep yang mengacu pada titik interaksi antara komponen, dan berlaku pada tingkat hardware dan software. Hal ini memungkinkan komponen, apakah hardware seperti kartu grafis atau software seperti browser internet, untuk berfungsi secara independen saat menggunakan interface untuk berkomunikasi dengan komponen lain melalui input/output sistem dan protokol yang terkait.
A. Pengertian Komunikasi Data
Komunikasi data adalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik lokal maupun yang luas, seperti internet. Data sendiri berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital.
Komunikasi data merupakan transmisi data elektronik melalui sebuah media. Media tersebut dapat berupa kabel tembaga, fiber optik, radio frequency dan micro wave (gelombang mikro) dan sebagainya. Sistem yang memungkinkan terjadinya transmisi data seringkali disebut jaringan komunikasi data.
Komunikasi data merupakan bagian vital dari suatu masyarakat informasi karena sistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkan komputer-komputer dapat berkomunikasi satu sama lain.
B. PENGERTIAN INTERFACE
Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
1. FUNGSI DARI INTERFACE
a. Penghubung dengan piranti-piranti perkomputeran biasa seperti mouse, keyboard
Dansebagainya.
b. Penghubung dengan piranti-piranti komunikasi seperti MODEM, Multiplexer dan Concentrator.
c. Penghubungan dengan komputer atau terminal yang lain.
2. JENIS – JENIS INTERFACE PADA KOMPUTER
a. Port Serial
b. Port Parallel
c. Port USB
d. Port SCSI
e. Port Infra Merah

sumber: http://kl801.ilearning.me/2015/02/21/279/

0 komentar:

Posting Komentar