Selvy Kharisma On Senin, 25 Maret 2019 0 Comments

Beberapa Alat Musik yang Mudah Dipelajari
Mengisi waktu luang dengan bermain musik bisa menjadi pilihan terbaik. Bahkan menurut hasil penelitian bermain musik dapat menambah semangat kerja serta membuat seseorang yang mendengarnya semakin produktif. Tak hanya itu, memainkan musik juga dapat menghibur hati dan lingkungan Anda. Jika Anda berniat belajar memainkan musik, di bawah ini ada beberapa alat musik  yang mudah dipelajari dalam waktu singkat.

  1. Pianika
    Alat musik yang satu ini sudah sangat familiar, terlebih lagi saat kita masih kanak-kanak. Biasanya di beberapa sekolah mewajibkan para siswanya belajar memainkan pianika. Jika Anda sudah mengenal instrument ini, cobalah kembali mengingat kembali kunci setiap tuts sambil meniupnya. Dijamin Anda tidak hanya bernostalgia, namun juga akan menambah keceriaan sembari mendengarkan harmonisasi nadanya.
  2. Gitar
    Instrumen musik ini biasanya mudah ditemukan di manapun. Selain itu, gitar juga lebih banyak dipilih karena kesan orang yang bisa memainkan alat ini dianggap lebih menarik. Jika Anda ingin belajar memainkan gitar, maka kenali kunci-kunci nadanya terlebih dahulu. Tidak usah bingung untuk memulai belajar, karena kini sudah banyak video tutorial bermain gitar bagi pemula yang bisa Anda lihat di Youtube. Tidak perlu mengeluarkan modal banyak untuk mengikuti les atau workshop gitar, karena Anda dapat belajar secara otodidak dengan bantuan video tutorial tersebut. Umumnya gitar memiliki dua jenis, yakni gitar akustik dan gitar akustik elektrik.
  3. Ukulele
    Instrumen musik yang satu ini hampir mirip dengan gitar, hanya saja perbedaannya terletak pada bagian tali senar. Instrumen asal Hawai ini hanya memiliki senar 4 yang terbuat dari nylon, sedangkan gitar dilengkapi dengan 6 senar yang terbuat dari kawat, ada juga yang berbahan nylon. Yang membuat ukulele lebih menarik dibanding gitar adalah ukulele memiliki kunci nada yang lebih mudah dihapal dan sederhana. Tak ayal jika dalam waktu singkat, Anda sudah bisa menguasainya. Namun, untuk pemula, sebaiknya pilih jenis ukulele Soprano yang ukurannya lebih kecil. Setelah merasa sudah piawai, Anda bisa menggunakan ukulele Concerto ataupun Tenor. Sedangkan
    untuk pemain ukulele profesional biasanya menggunakan Barito.
  4.  Keyboard
    Keyboard merupakan instrumen elektronik yang nyaris mirip dengan piano karena memiliki tuts hitam putih. Alat musik ini bisa jadi pilihan Anda untuk belajar musik di waktu senggang. Menariknya, Anda bisa memainkan banyak jenis suara karena dilengkapi dengan tombol otomatis yang telah terprogram. Di Indonesia sendiri, Keyboard sering disebut sebagai organ tunggal, sedangkan di Eropa dan Amerika dikenal dengan istilah one man band.
  5. Harmonika
    Harmonika adalah instrument musik yang cara menggunakannya dengan cara ditiup. Bentuknya yang mungil memudahkan Anda dalam membawanya sehingga bisa dimainkan dimana saja. Harmonika bisa menghasilkan harmonisasi suara yang indah dan biasanya digunakan untuk mengiringi musik bergenre blues maupun country. Terdapat beberapa jenis harmonika yang dikategorikan berdasarkan tingkat kesulitannya. Chord Harpm, Chromatic Harp, Tremolo dan Echo Harp serta Diatonik Harp adalah jenis harmonica yang mudah dipelajari bagi pemula.
Seperti yang Anda ketahui, barang-barang seperti alat musik biasanya memiliki harga yang tidak murah. Selain itu, toko konvensional yang banyak menjual instrument musik juga tidak selalu punya produk lengkap. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda bisa mencari instrument musik yang diinginkan dengan mengunjungi toko online, seperti Bukalapak, yang menawarkan ragam produk. Menariknya lagi, Bukalapak sering mengadakan promo potongan harga yang tidak boleh Anda lewatkan.

sumber: http://rudigitar.com/5-alat-musik-mudah-dipelajari-pemula/

0 komentar:

Posting Komentar